#68 Memilih Jarum Mesin Jahit: Begini Caranya

In Artikel Jasa Jahit

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pakaian yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dibuat dengan berbagai proses yang panjang, salah satunya adalah proses menjahit. Menjahit merupakan proses penting pada serangkaian proses pembuatan pakaian yang berperan untuk menyatukan potongan kain menjadi pakaian utuh. Proses menjahit yang dilakukan saat ini menggunakan bantuan mesin jahit supaya proses menjahit tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat. Selain menggunakan mesin jahit, proses menjahit juga membutuhkan beberapa alat dan bahan khusus, di antaranya benang jahit, jarum mesin jahit, potongan kain, meja jahit, alat potong, alat ukur, alat penanda, dan sebagainya. Kain yang akan dijahit sebaiknya dipotong terlebih dahulu sesuai dengan pola dan ukuran menjadi beberapa bagian pakaian. Setelah itu, potongan kain tersebut akan digabungkan atau disatukan dengan cara dijahit hingga membentuk pakaian sempurna yang siap digunakan. Selain memerlukan alat dan bahan, proses menjahit pakaian juga membutuhkan keterampilan dari penjahit itu sendiri karena pengoperasian mesin jahit memang membutuhkan keterampilan khusus.

contoh jarum mesin jahit yang digunakan Jasa Jahit Konveksi

Selain mesin jahit, alat penting yang dibutuhkan untuk menjahit adalah jarum jahit. Jarum mesin jahit memiliki bentuk dengan ujung runcing yang bisa membawa benang jahit menembus serat kain. Jarum mesin jahit yang beredar saat ini pun terdiri atas berbagai jenis dan tipe. Masing-masing jenis jarum mesin jahit tersebut sebaiknya dipilih sesuai dengan ukuran benang dan tingkat ketebalan kain yang akan dijahit. Pemilihan jarum mesin jahit yang sesuai tersebut akan menghasilkan jahitan yang kuat, rapi, serta tidak terkesan bolong-bolong. Oleh karena itu, cara memilih jarum mesin jahit pun sebaiknya dilakukan dengan seksama supaya bisa memperoleh jarum yang sesuai. Maka dari itu, berikut ini diuraikan beberapa cara memilih jarum mesin jahit yang bisa Anda terapkan ketika menjahit pakaian.

Periksa Ujung Jarum Mesin Jahit

Jarum jahit yang berkualitas adalah jarum mesin jahit yang memiliki ujung runcing. Ujung jarum yang runcing tersebut akan mampu menembus serat kain dengan lebih mudah sehingga proses menjahit bisa berjalan lebih efisien. Maka dari itu, sebaiknya periksalah terlebih dahulu jarum mesin jahit yang akan digunakan karena terkadang ada jarum yang memiliki ujung kurang runcing yang kemungkinan terjadi karena kendala pada proses produksi jarum.

Periksa Ukuran Jarum Mesin Jahit

Cara memilih jarum mesin jahit yang juga sangat penting adalah dengan memeriksa ukuran jarum yang akan digunakan. Jarum mesin jahit terdiri atas berbagai ukuran yang berbeda yang disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain yang akan dijahit. Perbedaan ukuran jarum tersebut biasanya ditandai dengan nomor yang tertera pada bungkus jarum. Semakin kecil nomor jarum, maka semakin kecil ukuran jarum dan semakin halus juga jenis kain yang bisa dijahit dengan jarum tersebut. Jarum yang digunakan untuk menjahit kain yang tipis, misalnya kain sifon dan sutera, adalah jarum dengan nomor 9. Sementara itu, jarum yang digunakan untuk menjahit kain katun adalah jarum dengan nomor 11 atau 13. Sedangkan jarum untuk menjahit kain wol atau kain linen biasanya jarum dengan nomor 14. Jarum yang digunakan untuk menjahit kain denim (jeans) atau kain lain yang memiliki ketebalan serupa adalah jarum dengan nomor 16. Maka dari itu, perhatikan terlebih dahulu nomor jarum sebelum Anda membeli jarum untuk menjahit jenis kain tertentu.

Ganti Jarum dengan Teratur

Supaya proses menjahit berjalan dengan lancar, Anda juga perlu mengganti jarum mesin jahit dengan teratur. Setelah digunakan untuk menjahit selama kurang lebih 10 jam atau setelah digunakan untuk menjahit dua pakaian, jarum mesin jahit sebaiknya diganti karena ujung jarum kemungkinan menjadi agak tumpul. Jarum yang ujungnya sudah tumpul akan menyebabkan jahitan kurang rapi, serat kain menjadi sering tertarik, serta benang jahit menjadi mudah patah. Maka dari itu, walaupun tidak patah, sebaiknya gantilah jarum mesin jahit dengan teratur supaya jahitan yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa cara memilih jarum mesin jahit yang bisa Anda terapkan. Pemilihan jarum yang tepat bisa membuat proses menjahit berjalan lancar serta bisa menghasilkan jahitan yang lebih maksimal. Maka dari itu, perhatikan dan periksa terlebih dahulu jarum mesin jahit yang akan digunakan. Proses menjahit pakaian memang sebaiknya dilakukan oleh orang yang memiliki keterampilan khusus supaya pakaian yang dihasilkan rapi dan sesuai desain. Oleh karena itu, jika Anda merasa belum memiliki keterampilan yang memadai, sebaiknya percayakan proses menjahit pada jasa jahit supaya bisa dikerjakan oleh tenaga produksi yang professional.

Jasa jahit pakaian yang bisa Anda percaya untuk menjahit berbagai jenis dan model pakaian adalah Jasa Jahit Konveksi. Jasa Jahit Konveksi melayani penjahitan kain menjadi beragam jenis dan model pakaian yang desainnya dirancang sendiri oleh konsumen. Informasi seputar cara order bisa Anda peroleh di sini.

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat