#64 Sepatu Mesin Jahit: Jenis dan Fungsinya (2)

In Alat dan Bahan Jahit

Menjahit merupakan salah satu tahap penting yang tidak boleh dilewatkan dalam serangkaian proses pembuatan pakaian. Menjahit merupakan proses yang berfungsi untuk menggabungkan atau menyatukan potongan-potongan kain hingga menjadi pakaian utuh yang siap digunakan. Sebelum dijahit, kain harus dipotong terlebih dahulu mengikuti ukuran dan pola yang sudah dibuat menjadi beberapa bagian pakaian, yakni bagian badan depan, bagian badan belakang, sepasang lengan, leher, dan sebagainya. Setelah itu, potongan kain kain tersebut dijahit satu persatu menggunakan jarum dan benang hingga menjadi pakaian yang utuh sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Proses menjahit kain hingga menjadi pakaian membutuhkan alat dan bahan yang cukup kompleks, di antaranya alat ukur, alat penanda, potongan kain, benang, jarum, mesin jahit, meja jahit, dan sebagainya. Masing-masing alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda selama proses menjahit yang akan saling melengkapi satu sama lain sehingga proses menjahit berjalan lancar.

Kelengkapan alat dan bahan jahit turut memberikan pengaruh pada hasil jahitan, apakah akan kuat dan rapi. Salah satu peralatan primer yang harus disediakan selama proses menjahit adalah mesin jahit. Mesin jahit merupakan alat yang membantu menggerakkan jarum dan benang dengan lebih cepat untuk menyatukan potongan kain menjadi pakaian utuh. Mesin jahit bisa membuat menyelesaikan proses penjahitan menjadi lebih sehingga waktu produksi menjadi lebih efisien. Saat ini, telah tersedia beragam jenis mesin jahit dalam berbagai tipe dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berbagai tipe mesin jahit tersusun atas berbagai komponen yang memiliki beragam fungsi yang saling melengkapi supaya mesin jahit bisa dioperasikan dengan baik dan lancar. Masing-masing jenis mesin jahit biasanya disusun dengan komponen yang berbeda sehingga cara mengoperasikan dan fiturnya pun juga berbeda. Beberapa komponen dasar yang terdapat pada hampir semua mesin jahit, di antaranya spool, jarum, sticth, pengangkat sepatu, sepatu jahit, sekoci, rumah sekoci, roda penyeimbang, gigi mesin, kunci jahitan, spul, pedal kaki, dan sebagainya.

Sepatu jahit merupakan salah satu komponen penting yang ada pada mesin yang berfungsi untuk mengatur tekanan pada gigi penarik kain. Sepatu mesin jahit yang berkembang saat ini tersedia dalam beragam jenis. Beberapa jenis sepatu jahit sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang bisa dibaca di sini. Kemudian, sebagian jenis sepatu jahit lainnya akan dijelaskan pada uraikan berikut yang merupakan sambungan dari uraikan sebelumnya.

Sepatu Jahit Neci

Sepatu jahit neci juga disebut sebagai hemmer foot atau roll hem foot. Sepatu jahit neci memiliki fungsi untuk membuat jahitan dengan tekukan yang sangat kecil. Bagian bawah sepatu jahit ini adalah yang memiliki ceruk memanjang dan ada pula yang tidak memiliki ceruk memanjang.

Sepatu Jahit Teflon                                                                       

Sepatu jahit teflon adalah jenis sepatu jahit yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan sepatu jahit stitch dan sepatu jahit roler. Sepatu jahit teflon juga digunakan untuk menjahit kain yang memiliki permukaan licin, seperti satin, linen, laminating, vinil, sifon, dan beberapa jenis kain lain yang memiliki permukaan licin.

Sepatu Jahit Butong

Sepatu jahit butong merupakan jenis sepatu jahit yang berfungsi untuk memasang kancing. Sepatu jahit ini juga dikenal dengan nama buttong sewing foot yang bagian depannya memiliki bentuk menenuk yang berfungsi untuk memegang kancing.

Sepatu Jahit Som

Sepatu jahit soma tau blind hem foot adalah sepatu jahit yang berfungsi untuk menjahit som atau hem di bagian bawah celana atau rok. Sepatu jahit som bisa membuat jahitan hem di bagian bawah pakaian menjadi seperti titik-titik benang jika dilihat dari luar bagian yang dijahit. Akan tetapi, sepatu jahit som tidak bisa digunakan pada mesin jahit hitam atau mesin jahit konvensional.

Sepatu Jahit Patchwork

Sepatu jahit patchwork atau yang juga disebut sepatu jahit ¼ adalah jenis sepatu jahit yang berfungsi untuk menjahit tindas lurus, mirip dengan sepatu jahit quilting. Sepatu jahit patchwork dilengkapi dengan plat tipis yang bisa membuka jahitan antarbahan sehingga jarak jahitan bisa tetap lurus.

Beberapa jenis sepatu jahit tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan pada proses penjahitan pakaian. Pengoperasian mesin jahit untuk menjahit kain hingga menjadi pakaian utuh sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan seputar komponen mesin jahit. Dengan begitu, mesin jahit bisa dioperasikan dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan jahitan yang rapi serta kuat. Oleh karena itu, jika Anda merasa belum memiliki pengetahuan dan keterampilan menjahit yang memadai, sebaiknya percayakan proses menjahit kain hingga menjadi pakaian pada jasa konveksi.

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat