#63 Sepatu Mesin Jahit: Jenis dan Fungsinya (1)

In Alat dan Bahan Jahit

Pakaian yang digunakan sehari-hari dibuat dengan serangkain proses, di antaranya mendesain, membuat ukuran dan pola, memotong kain, menjahit, dan packaging hingga pakaian siap diedarkan kepada konsumen. Menjahit merupakan salah satu proses penting yang harus dilalui ketika akan membuat pakaian. Menjahit bertujuan untuk menghubungkan atau menyatukan potongan-potongan kain hingga menjadi pakaian siap pakai. Sebelum dijahit, kain harus dipotong terlebih dahulu mengikuti ukuran dan pola yang sudah dibuat menjadi beberapa bagian pakaian, misalnya bagian badan depan, bagian badan belakang, sepasang lengan, leher, dan sebagainya. Setelah kain dipotong mengikuti pola, potongan kain tersebut dijahit satu persatu hingga menjadi pakaian yang utuh sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Proses menjahit pakaian membutuhkan seperangkat alat dan bahan supaya bisa berjalan dengan lancar serta menghasilkan jahitan yang kuat dan rapi. Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses menjahit, di antaranya potongan kain, benang, jarum, mesin jahit, meja jahit, dan sebagainya. Masing-masing alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda selama proses menjahit.

Salah satu alat penting yang wajib hadir dalam proses menjahit adalah mesin jahit. Mesin jahit merupakan alat yang membantu menggerakkan jarum dan benang untuk menyatukan potongan kain menjadi pakaian utuh. Keberadaan mesin jahit tersebut membuat waktu pengerjaan pakaian menjadi relatif lebih singkat. Mesin jahit yang berkembang saat ini juga terdiri atas berbagai tipe dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mesin jahit juga terdiri atas berbagai komponen penyusun yang memiliki beragam fungsi supaya jahitan bisa dikerjakan dengan lancar. Beragam jenis mesin jahit yang beredar saat ini biasanya disusun dengan komponen yang berbeda sehingga cara mengoperasikannya pun juga berbeda. Beberapa komponen dasar yang terdapat pada mesin jahit, di antaranya spool, jarum, sticth, pengangkat sepatu, sepatu jahit, sekoci, rumah sekoci, roda penyeimbang, gigi mesin, kunci jahitan, spul, pedal kaki, dan sebagainya.

Sepatu jahit merupakan salah satu komponen penting yang ada pada mesin. Sepatu jahut berfungsi untuk mengatur tekanan pada gigi penarik kain dengan cara menyetel mur penekan pegas di atas kaki tempat sepatu tersebut terletak. Sepatu mesin jahit sebenarnya terdiri berbagai jenis yang masing-masing jenis memiliki kegunaan yang berbeda. Jenis dan fungsi sepatu jahit tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Sepatu Jahit Serbaguna

Sepatu jahit serbaguna termasuk jenis sepatu jahit yang paling sering digunakan karena bisa menjahit beragam jenis jahitan, misalnya zig-zag, semi feston, dahan, dan sebagainya. Sepatu jahit serbaguna memiliki tapak yang lebar yang berfungsi untuk menekan bahan atau kain yang dijahit.

Sepatu Jahit Zipper

Sepatu jahit zipper adalah jenis sepatu jahit yang didesain dengan tapak pada satu sisi saja untuk menahan kain. Sementara itu, sisi sepatu jahit yang tidak bertapak berfungsi supaya bisa lebih dekat dengan gigi reslteing.

Sepatu Jahit Stitch

Sepatu jahit stitch merupakan jenis sepatu jahit yang berfungsi untuk membuat jahitan dekoratif. Sepatu jahit stitch biasa digunakan untuk membuat jahitan dekoratif pada kain dengan permukaan yang licin, misalnya kain satin, kain linen, kain sifon, kain vinil, dan sebagainya.

Sepatu Jahit Roler

Sepatu jahit roler memiliki fungsi yang hampir sama dengan sepatu jahit stitch karena digunakan untuk menjahit kain yang licin, hanya saja sepatu jahit roler tidak digunakan untuk membuat jahitan dekoratif. Sepatu jahit roler juga biasa digunakan untuk menahan kain satin, sifon, linen, laminating, dan digunakan pula untuk menahan kain yang melar atau elastis.

Sepatu Jahit Pipa

Sepatu jahit pipa adalah jenis sepatu jahit yang digunakan untuk menjahit bagian tepi yang membentuk gulungan semacam pipa. Bagian bawah sepatu jahit pipa memiliki dua cekungan untuk memudahkan menjahit dari berbagai sisi.

Sepatu Jahit Lubang Kancing

Sepatu jahit lubang kancing atau yang juga disebut button hole foot merupakan sepatu jahit yang berfungsi untuk membuat lubang kancing. Sepatu jahit lubang kancing umumnya sudah ada atau bawaan dari mesin jahit.

Sepatu Jahit Quilting

Sepatu jahit quilting atau yang juga disebut walking foot merupakan jenis sepatu jahit yang berfungsi untuk menjahit tindas lurus. Sepatu jahit ini dilengkapi dengan capit supaya bisa membuat jarum menjahit dengan cara “melompat” tanpa membuat kain mengkerut.

Itulah beberapa jenis dan fungsi sepatu jahit yang umum digunakan untuk menjahit bagian-bagian tertentu pada pakaian. Akan tetapi, sebenarnya masih ada beberapa jenis sepatu jahit lainnya yang akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat