#71 Perbedaan Konveksi, Garment dan Tailor

In Pengetahuan

Ketika berbicara mengenai kebutuhan, terdapat tiga macam kebutuhan, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer mempunyai arti sebagai sebuah kebutuhan utama atau pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang untuk menjalani hidup layak sebagai manusia. Ada tiga hal yang termasuk ke dalam kebutuhan primer, yaknis sandang, pangan dan papan. Sedangkan kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan manusia yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, atau dapat dikatakan sebagai kebutuhan tambahan. Kebutuhan yang terakhir ialah kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier ialah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier ini sering kali identik dengan sebutan kebutuhan akan barang mewah.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, muncullah industri atau usaha-usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan. Kali ini, pembahasan akan berfokus pada industri atau usaha untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer, yakni kebutuhan akan sandang atau pakaian.

Saat ini, pakaian tidak hanya sebagai sebuah kebutuhan, tetapi juga menjadi hal penting dalam fashion, atau sebagai penunjang penampilan. Oleh karena itu, kebutuhan akan pakaian sangatlah tinggi. Industri atau usaha dalam bidang ini menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi para pelaku bisnis karena usaha ini dapat dikatan tidak pernah sepi peminat. Untuk memenuhi kebutuhan pakaian jadi, tentu saja dibutuhkan sebuah industri atau usaha yang dapat memproduksi atau menghasilkan pakaian. Akan tetapi tahukah anda jika industri atau usaha pembuatan pakaian berbeda-beda?

Berikut ini adalah beberapa industri atau usaha yang menjadi tempat produksi baju, antara lain:

Konveksi Pakaian

Proses Jahit di Kaoskubagus Konveksi

Konveksi pakaian merupakan salah satu jenis bisnis usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian jadi atau tekstil. Jenis usaha ini biasanya berskala rumah tangga atau industri kecil. Konveksi biasanya menerima pesanan kaos, jaket, kemeja, celana, dan sebagainya. Pakaian-pakaian tersebut dapat dipesan sesuai dengan keinginan para konsumen, atau sering dikenal dengan istilah custom. Konsumen dapat memasukkan desainnya untuk diproduksi, atau konsumen juga dapat menggunakan jasa desain yang disediakan oleh konveksi tersebut.

Selain mendesain sendiri, konsumen juga dapat memilih bahan, jenis sablon, jenis bordir yang akan digunakan untuk pakaian yang mereka desain. Akan tetapi, konveksi sudah memiliki ukuran S/M/L/XL sesuai standar mereka. Tidak ada ukuran baku dalam menentukan ukuran bagi konveksi, jadi tiap-tiap konveksi dapat memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa konsumen tidak dapat meminta ukuran berbeda sesuai bentuk tubuh mereka. Untuk jumlah produksi yang dapat diterima di konveksi, yakni sekitar 12 hingga 10.000 pcs setiap kali produksi.

Garment

pxhere.com

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, garment memiliki arti sebagai pakaian jadi. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa garment adalah sebuah industri yang memproduksi pakaian jadi dan berbagai macam perlengkapan pakaian. Dalam industri garmen, terdapat sistem Cut, Make and Trim atau pemisahan pekerjaan yang dimulai dari memotong, menjahit sampai dengan finishing. Beberapa jenis pekerjaan tersebut dikerjakan oleh bagian yang berbeda-beda. Jumlah produksi dalam sekali jalan industri garment berbeda dari konveksi. Apabila konveksi berkisar sekitar 12 hingga 10.000, maka garment mereka lebih dari 10.000 pcs untuk setiap kali pemesanan. Selain itu, target pemasaran produk garmet juga berbeda. Industri garment biasanya mensupply barang hasil produksinya ke mall, supermarket dan sebagainya. Terdapat beberapa garment yang fokus pada satu bagian saja. Contohnya, suatu garmen hanya mengerjakan kaos polos, maka pesanan yang mereka terima hanyalah sebatas kaos polos.

Tailor

pxhere.com

Apabila konveksi dan garment merupakan industri yang memproduksi pakaian dalam jumlah besar, maka tailor merupakan produsen pakaian yang cenderung eksklusif. Dari produk yang dihasilkan, biasanya tailor tidak membuat pakaian kaos atau pakaian santai lain, melankain pakaian-pakaian formal atau semi formal seperti kemeja, gamis, jas, kebaya dan sebagainya. Dapat dikatakan bahwa tailor lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Tailor membuat pesanan sesuai dengan keinginan perorangan, baik dari ukuran, bahan, sampai model dapat dikontrol satu persatu.

source: kumparan.com, indonesia.tempo.com, wikipedia.org

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat