#74 Ragam Kain Berdasarkan Seratnya (1)

In Pengetahuan

Berbicara mengenai kain, tentunya perlu diketahui serat yang digunakan sebagai bahan pembuat kain tersebut. Dikutip dari wikipedia, serat sendiri mempunyai pengertian suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Terdapat beberapa jenis serat yang digunakan untuk memproduksi kain, yakni serat alam, serat sintesis, dan serat semi sintesis.

1. Serat alam

Dari namanya dapat diketahui bahwa jenis serat ini berasal dari alam yakni tumbuhan atau hewan. Serat tumbuhan biasanya berasal dari bagian tanaman, seperti kayu, pelepah, akar atau daun. Sedangkan untuk serat hewan berasal dari bulu hewan. Tingkat kesulitan untuk memproduksi serat alam lebih tinggi apabila dibandingkan dengan serat sintesis, akan tetapi tentunya serat alam mempunyai keunggulan lain apabila dibandingkan dengan serat sintesis dan serat semi sintesis, yakni memiliki karakter yang lebih dingin dan lebih nyaman. Hal tersebutlah membuat harganya lebih mahal. Beberapa kain yang termasuk dalam serat alam antara lain:

  • Serat linen. Serat jenis ini merupakan serat yang pertama kali dibuat oleh manusia. Bahan pembuat serat ini adalah alang-alang. Jenis kain linen ini cenderung kaku dan tebal, sehingga sering digunakan sebagai bahan sprei, serbet, tirai dan sebagainya. Saat ini, penggunaan kain linen mulai berkurang karena digantikan dengan kain katun yang lebih mudah untuk didapatkan.
kain katun
  • Serat kapas. Dari namanya, kita dapat mengetahui bahwa jenis serat ini berasal dari tanaman kapas. Kain dengan serat ini lebih dikenal dengan nama kain katun yang berasal dari bahasa inggris “cotton”. Kapas memiliki sifat yang kurang kenyal, sehingga menyebabkan kain yang berbahan serat ini mudah kusut. Akan tetapi kain katun masih menjadi pilihan di semua kalangan karena beberapa alasan, seperti mudah didapat, seratnya nyaman dan harganya lebih terjangkau. Pembuatan kain katun ini ialah dengan memintal kapas dan menjadikannya benang, kemudian menenunnya menjadi kain. Banyak industri kecil mengandalkan kapas sebagai bahan utama.
  • Serat jute. Serat ini berasal dari batang tanaman Corchoruscapsularis dan Corchorusolitorius. Serat jute memiliki ciri fisik yang berkilau serta permukaannya terasa kasar. Selain itu, serat ini juga memiliki kekuatan yang cukup kuat. Jute dapat ditanam di wilayah dengan iklim tropis maupun subtropis dengan kondisi cuaca yang hangat dan lembab. Serat ini biasanya digunakan untuk pelapis permadani dan pembuatan karung.
  • Serat rami. Serat ini merupakan hasil sintesis dari batang tanaman boehmeria nivea. Serat rami memiliki ciri berwarna putih dan berkilau, serta tidak mudah untuk berubah warna. Di Indonesia sendiri, serat rami sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Serat ini cukup digemari oleh perancang karena teksturnya yang nyaman dan cocok digunakan untuk segala jenis busana.
  • Serat wol. Serat wol adalah serat yang berasal dari bulu-bulu binatang, seperti domba atau biri-biri. Serat wol memiliki ciri khas bersisik, keriting dan memiliki kelenturan yang tinggi. Serat wol banyak digunakan di tempat yang dingin untuk pembuatan baju hangat karena sifatnya yang dapat menghangatkan. Serat ini dapat menyerap air dengan baik serta tidak mudah kusut, akan tetapi mudah terserang ngengat.
  • Serat sutera. Dari namanya, pasti sudah dapat ditebak bahwa serat ini berasal dari ulat sutera.  Serat sutera dibuat menggunakan air liur sutera saat menjadi kepompong. Serat sutera memiliki ciri fisik licin, berkilau, lembut, kenyal, kuat dan dapat menyesuaikan diri dengan temperatur. Hal tersebut menjadikan serat sutera ini memiliki daya jual yang tinggi. Selain itu, serat sutera juga memiliki karakteristik yang dingin apabila digunakan sebagai pakaian, dapat menyerap keringat dengan baik, tidak tahan panas dan tahan terhadap ngengat. Akan tetapi, serat sutera dapat berubah warna menjadi kuning apabila terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Baca juga: Ragam Kain Berdasarkan Seratnya (2)

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat