#66 Benang Jahit dan Benang Bordir: Ini Perbedannya

In Alat dan Bahan Jahit

Proses menjahit pakaian merupakan tahap penting yang harus dilalui untuk membuat pakaian utuh yang siap digunakan. Sebelum utuh dan bisa digunakan, pakaian sebenarnya berasal dari potongan-potongan kain yang disatukan atau disambungkan melalui teknik menjahit hingga menjadi pakaian utuh. Menjahit pakaian pun membutuhkan seperangkat alat dan bahan, di antaranya mesin jahit, jarum jahit, benang jahit, potongan kain, alat potong, alat ukur, alat penanda, dan sebagainya. Masing-masing alat tersebut memiliki fungsi berbeda yang saling bekerja sama supaya bisa menjahit potongan kain dengan rapi dan kuat. Selain itu, pengoperasian alat dan bahan jahit tersebut sebaiknya dilakukan oleh orang yang memiliki keterampilan khusus supay bisa menjahit kain menjadi beragam jenis pakaian sesuai desain yang sudah dibuat.

Proses produksi pakaian sebenarnya tidak berhenti pada proses menjahit saja. Beberapa produsen maupun konsumen biasanya menginginkan pakaian dengan tampilan yang menarik sehingga bisa menunjang penampilan saat digunakan. Oleh karena itu, pada proses pembuatan pakaian tersebut, sebelum potongan kain dijahit menjadi pakaian, biasanya akan diberi variasi atau motif terlebih dahulu supaya tampilannya menjadi lebih menarik. Teknik pemberian variasi yang cukup sering digunakan adalah bordir. Bordir merupakan seni menghias pakaian menggunakan benang untuk membentuk beragam pola desain yang bervariasi. Bordir biasanya diberikan saat potongan kain belum disatukan supaya lebih mudah pengaplikasiannya. Jadi, bordir bisa menjadi bagian dari proses menjahit pakaian itu sendiri supaya pakaian yang dihasilkan tidak hanya rapi dan kuat melainkan juga memiliki tampilan yang indah.

Proses menjahit dan membordir pakaian sama-sama membutuhkan serangkaian alat dan bahan yang bisa memberikan pengaruh pada kualitas pakaian dan bordiran yang dihasilkan. Salah satu jenis bahan wajib yang diperlukan saat menjahit maupun saat membordir adalah benang. Benang yang digunakan untuk menjahit dan untuk membordir ternyata tidak sama. Perbedaan benang jahit dan bordir tersebut didasarkan pada beberapa faktor, di antaranya fungsi dan tampilan benang. Supaya lebih jelas, perbedaan benang jahit dan bordir akan dijelaskan sebagai berikut.

Fungsi

Contoh benang jahit

Perbedaan benang jahit dan bordir yang pertama didasarkan pada fungsi benang. Pada proses menjahit, benang berfungsi untuk menyatukan potongan-potongan kain hingga menjadi pakaian utuh. Benang jahit tersebut dijahit pada pinggiran masing-masing potongan kain supaya bisa menyatu dengan sempurna. Sementara itu, benang bordir berfungsi untuk memberikan hiasan pada permukaan kain. Benang bordir tersebut bisa membuat hiasan atau variasi dalam beragam pola dan didesain supaya tampilan pakaian menjadi lebih indah. Jadi, benang jahit digunakan untuk menjahit bagian pinggir kain, sedangkan benang bordir digunakan untuk menjahit bagian permukaan kain.

Tampilan dan Tekstur Benang

Benang jahit dan benang bordir juga memiliki perbedaan yang didasarkan pada tampilan dan tekstur benang. Benang bordir umumnya memiliki tampilan yang mengkilap atau berkilau supaya bisa menghasilkan bordiran dengan visual yang menarik dan elegan. Kilauan pada benang bordir tersebut berasal dari twist yang lebih longgar pada benang sehingga bisa memantulkan cahaya. Selain itu, benang bordir juga memiliki tekstur yang lebih kuat karena digunakan untuk menembus masuk dan keluar dari kain berkali-kali dalam beragam teknik jahitan. Sementara itu, benang jahit tidak memiliki tampilan yang berkilau seperti benang bordir. Selain itu, benang jahit juga dirancang dengan kekuatan khusus supaya bisa melewati mesin jahit dengan cepat.

Itulah beberapa perbedaan benang jahit dan bordir yang bisa menambah wawasan Anda. Benang jahit dan benang bordir yang beredar saat ini juga tersedia dalam beragam warna dan ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Proses menjahit dan membordir pakaian tersebut sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki keterampilan sehingga bisa menjahit dan membordir dengan rapi, kuat, dan tidak mudah terurai. Oleh karena itu, jika Anda merasa belum memiliki keterampilan yang memadai untuk menjahit dan membordir, sebaiknya serahkan dua proses tersebut pada jasa konveksi.

Nah, Anda yang tertarik untuk menjahit pakaian dalam berbagai model bisa datang ke Jasa Jahit Konveksi yang melayani penjahitan pakaian sesuai desain yang dibuat konsumen. Informasi atau cara order bisa Anda lihat di sini.

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat