#58 Potong Kain: Begini Prosesnya

In Proses Jahit

Pakaian yang digunakan sehari-hari dibuat dengan serangkaian proses yang panjang hingga siap pakain. Proses pembuatan pakaian tersebut membutuhkan keterampilan, alat, dan bahan yang memadai. Beberapa proses yang perlu dilalui untuk menghasilkan pakaian siap pakai, di antaranya desain, membuat ukuran, membuat pola, memilih kain, memotong kain (cutting), menjahit kain, packaging, hingga pakaian sampai ke tangan konsumen. Serangkaian proses pembuatan pakaian akan turut memberikan pengaruh pada kualitas pakaian yang dihasilkan. Oleh karena itu, serangkaian proses tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang sudah memiliki keterampilan khusus sehingga proses pembuatan pakaian berjalan lancar dan pakaian yang dihasilkan memiliki kualitas maksimal.

contoh pola baju

Salah satu proses penting dan krusial dalam pembuatan pakaian adalah proses cutting atau memotong kain. Proses cutting dilakukan dengan ketelitian dan keuletan supaya kain yang dipotong sesuai dengan ukuran dan pola yang sudah dibuat. Kain yang sudah dipotong tersebut kemudian akan dijahit hingga menjadi pakaian sempurna siap pakai. Proses cutting tidak hanya memberikan pengaruh pada kelancaran menjahit pakaian, melainkan juga memberikan pengaruh pada kualitas pakaian yang dihasilkan. Kain yang dipotong dengan rapi dan akurat akan menghasilkan pakaian yang rapid an tepat sesuai dengan desain yang telah dibuat. Potong kain membutuhkan serangkaian proses pula yang harus dikerjakan dengan teliti. Kelancaran proses potong kain tersebut juga turut memberikan pengaruh pada kelancaran proses menjahit dan kualitas pakaian yang dihasilkan. Oleh karena itu, berikut diuraikan proses potong kain secara rinci yang bisa dijadikan panduan bagi pemula.

Siapkan Alat dan Bahan

contoh alat potong kain merek Octa RS 100

Tahap pertama dan utama yang perlu dilakukan sebelum memotong kain adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk memotong kain dengan benar, di antaranya meja potong, alat penanda, dan pisau potong itu sendiri. Meja yang digunakan untuk memotong kain sebaiknya memiliki tinggi sampai pinggang kemudian memiliki permukaan yang datar supaya bisa digunakan untuk membentangkan atau menumpuk kain dengan sejajar. Selanjutnya, alat penanda dibutuhkan untuk menandai bagian-bagian pakaian yang akan dipotong supaya bagian-bagian pakaian menjadi terlihat lebih jelas mengikuti pola yang sudah disiapkan. Beberapa jenis alat penanda yang bisa disiapkan, di antaranya kapur jahit, karbon jahit, rader, jarum pentul, atau pensil warna. Setelah itu, siapkan pula pisau potong yang akan digunakan untuk memotong kain menjadi bagian-bagian pakaian mengikuti pola. Jenis pisau potong sendiri beragam dan bisa dipilih sesuai dengan karakteristik kain yang akan dipotong. Jenis-jenis pisau potong kain yang sering digunakan bisa Anda baca di sini.

Siapkan Kain yang Akan Dipotong

Setelah menyiapkan alat dan bahan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan kain yang akan dipotong. Kain yang akan dipotong tersebut sebaiknya serasi dengan desain pakaian yang akan dibuat. Sebelum dipotong, kain tersebut harus ditelaah apakah termasuk jenis kain yang mudah mengkerut, lipit, atau mengembang. Jika kain yang akan dipotong memiliki daya susut yang tinggi, sebaiknya kain tersebut dipotong melebihi ukuran pakaian supaya jika mengalami penyusutan, pakaian masih tetap muat digunakan. Selain itu, perhatikan pula kekakuan dan kelenturan kain yang akan dipotong supaya bisa dipilih teknik potong kain yang tepat. Jangan lupa memeriksa apakah kain yang akan dipotong memiliki kecacatan atau tidak supaya bisa ditandai dan dihindari saat dipotong mengikuti pola.

Teknik Pemotongan

Jika alat dan bahan serta kain yang akan dipotong sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah memotong kain. Sebelum dipotong, kain sebaiknya dilipat menjadi dua bagian dan diletakkan di atas meja potong. Setelah itu, pola potong disusun berdasarkan pedoman pada desain pakaian dengan menggunakan bantuan jarum pentul. Setelah itu, potong kain menggunakan pisau potong yang sudah disiapkan mengikuti pola. Bagian kain yang pertama kali dipotong adalah yang memiliki pola besar, seperti pola bagian badan dan pola bagian lengan. Setelah bagian besar selesai dipotong, kemudian lanjutkan dengan memotong bagian kain yang memiliki pola lebih kecil, misalnya pola bagian kerah dan pola bagian leher. Jangan mengangkat kain selama proses pemotongan karena bisa membuat potongan menjadi kurang akurat dan rapi. Sebelum pola dilepaskan dari kain, sebaiknya diberi tanda dan batas terlebih dahulu dengan menggunakan alat penanda yang sudah disiapkan supaya kain bisa dipotong dengan rapi. Setelah diberi tanda, pola bisa dilepaskan dari kain yang dipotong.

Beberapa proses potong kain tersebut dilakukan dengan teliti dan membutuhkan keterampilan yang memadai. Oleh karena itu, jika Anda merasa kurang terampil sebaiknya serahkan proses potong kain tersebut pada jasa jasa potong kain. Salah satu jasa potong kain professional yang bisa Anda percaya adalah Jasa Jahit Konveksi.  Proses potong kain di Jasa Jahit Konveksi dikerjakan oleh tenaga produksi yang berkompeten dan terampil. Selain itu, alat potong kain yang digunakan oleh tim produksi Jasa Jahit Konveksi adalah alat potong yang berstandar dan memiliki spesifikasi tinggi, yakni alat potong kain jenis round cutter merek Octa RS 100 yang bisa memotong kain dengan rapi dan akurat. Maka dari itu, percayakan proses potong kain pada Jasa Jahit Konveksi yang sudah berpengalaman dan memiliki tenaga produksi berkompeten. Informasi seputar jasa potong kain tersebut bisa Anda akses di sini.

You may also read!

#129 Tempat Jahit Konveksi Cepat dan Hemat

Salah satu produksi jasa jahit konveksi Semarang Kerapian menjadi tolak ukur pelanggan untuk memilih tempat konveksi yang dipercaya. Bagi para

Read More...

#128 Jasa Jahit Konveksi Baju Murah

Jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit Semarang merupakan tempat pemesanan pembuatan baju yang berada di kota Semarang. Jasa jahit Semarang

Read More...

#127 10 Alasan Memilih Jasa Jahit Konveksi Semarang

Salah satu contoh produksi jasa jahit konveksi Semarang Jasa jahit merupakan tempat konveksi baju yang berdiri sejak tahun 2012. Ada beberapa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobile Sliding Menu

Jasa CMT Jahit terbaik di Semarang
WhatsApp chat